Bolu Kukus Takaran Gelas 2 Telur: Lezatnya Kue Tradisional yang Mudah Dibuat

Pertama-tama, bagaimana kabar pembaca sekalian? Semoga hari ini menjadi hari yang indah untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi resep dan cara membuat bolu kukus takaran gelas 2 telur yang merupakan salah satu kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Mari kita simak bersama-sama!

Sebelum kita mulai, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai bolu kukus. Bolu kukus adalah sejenis kue yang proses pembuatannya menggunakan teknik pengukusan daripada pemanggangan dalam oven. Teknik ini membuat bolu kukus memiliki tekstur yang lembut dan moist, serta aroma yang khas.

Bolu kukus takaran gelas 2 telur adalah salah satu varian bolu kukus yang cukup sederhana dalam hal bahan dan cara pembuatannya. Namun, jangan salah, meskipun sederhana, bolu kukus ini tetap memiliki rasa yang lezat dan cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup di berbagai acara.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bolu kukus takaran gelas 2 telur ini juga sangat mudah ditemui di sekitar kita. Beberapa bahan yang diperlukan antara lain:

  1. 2 telur
  2. 1 gelas tepung terigu
  3. 1 gelas gula pasir
  4. 1/2 gelas minyak sayur
  5. 1/2 gelas air mendidih
  6. 1 sendok makan emulsifier
  7. 1 sendok teh baking powder
  8. 1 sendok teh vanili bubuk
  9. Secukupnya garam

Setelah semua bahan terpenuhi, langkah-langkah pembuatan bolu kukus takaran gelas 2 telur ini juga sangat mudah diikuti. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, siapkan loyang kue kukus yang telah diolesi dengan sedikit minyak agar adonan tidak lengket.
  2. Kemudian, pecahkan telur ke dalam mangkuk dan kocok hingga mengembang dan berbusa. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga gula larut.
  3. Selanjutnya, masukkan minyak sayur dan garam ke dalam adonan telur. Aduk rata.
  4. Setelah itu, campurkan tepung terigu, baking powder, dan emulsifier ke dalam adonan. Aduk hingga tercampur rata.
  5. Tambahkan air mendidih sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi lembut dan tidak menggumpal.
  6. Terakhir, tambahkan vanili bubuk ke dalam adonan dan aduk rata.
  7. Tuangkan adonan ke dalam loyang kue kukus dan kukus selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang. Gunakan api sedang saat proses pengukusan.
  8. Setelah matang, angkat loyang dari panci kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum dikeluarkan dari loyang.

Sangat mudah, bukan? Dalam waktu kurang dari 1 jam, bolu kukus takaran gelas 2 telur siap untuk disajikan. Anda juga bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti keju parut, cokelat serut, atau krim kocok untuk menambah kelezatan dan tampilan kue tersebut.

Bolu kukus takaran gelas 2 telur ini memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang harum. Rasanya yang manis dan sedikit gurih membuatnya cocok dijadikan camilan untuk keluarga atau teman-teman Anda. Selain itu, kue ini juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan mengingat popularitas bolu kukus yang tidak pernah pudar di Indonesia.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba resep bolu kukus takaran gelas 2 telur ini? Jangan ragu untuk mencobanya di rumah dan nikmati kelezatannya bersama orang-orang terkasih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, dan selamat mencoba!

Sebagai kesimpulan, bolu kukus takaran gelas 2 telur adalah salah satu kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Dengan bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang sederhana, Anda dapat membuat bolu kukus ini di rumah dalam waktu singkat. Bolu kukus takaran gelas 2 telur memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang khas, cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup di berbagai acara. Selamat mencoba dan semoga berhasil!