Cara Membuat Bolu Tape yang Lezat dan Menggugah Selera

Hello, pembaca yang budiman! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara membuat bolu tape yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan bolu tape? Kue tradisional yang satu ini memiliki rasa manis dan aroma khas yang sulit untuk ditolak. Selain itu, proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui langkah-langkahnya!

Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan bolu tape, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat bolu tape:

1. 250 gram tepung terigu

2. 200 gram gula pasir

3. 150 gram mentega tawar, lelehkan

4. 5 butir telur

5. 200 ml tape singkong

6. 1 sendok teh baking powder

7. Sejumput garam

8. Keju parut (opsional)

Pastikan semua bahan sudah tersedia di dapurmu sebelum memulai proses pembuatan bolu tape yang lezat ini.

Mulai Persiapan dan Langkah Pertama

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan kuning telur dan putih telur. Pisahkan kuning telur dan putih telur dalam dua wadah yang berbeda. Kemudian, kocok kuning telur bersama dengan gula pasir hingga mengental dan berwarna kuning pucat.

Selanjutnya, tambahkan mentega yang telah dilelehkan ke dalam adonan kuning telur dan gula pasir. Aduk rata menggunakan spatula atau whisk hingga semua bahan tercampur sempurna. Setelah itu, tambahkan tape singkong ke dalam adonan dan aduk kembali hingga tercampur merata.

Lanjutan Langkah Pembuatan Bolu Tape

Pada langkah berikutnya, saring tepung terigu dan baking powder menggunakan saringan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tidak ada gumpalan tepung yang masuk ke dalam adonan. Setelah itu, tambahkan sejumput garam ke dalam tepung terigu yang telah disaring tadi.

Kemudian, masukkan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan bertahap sambil terus diaduk perlahan. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik sehingga tidak ada gumpalan tepung yang tersisa.

Pelengkap dan Langkah Terakhir

Setelah adonan tercampur merata, kocok putih telur hingga mengembang dan membentuk puncak yang kaku. Setelah itu, masukkan putih telur yang telah dikocok ke dalam adonan secara perlahan. Aduk perlahan dengan gerakan mengangkat dan melipat adonan hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Ratakan permukaan adonan dengan spatula hingga merata dan tidak ada gelembung udara yang terperangkap.

Terakhir, taburkan keju parut di atas permukaan adonan sebagai pelengkap. Keju parut akan memberikan aroma dan rasa yang makin lezat pada bolu tape yang akan kita buat.

Panggang dan Sajikan Bolu Tape

Setelah semua persiapan selesai, saatnya memanggang bolu tape dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Panggang bolu tape dalam suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 45-50 menit atau hingga matang dan berwarna kecokelatan.

Setelah matang, keluarkan bolu tape dari oven dan biarkan dingin sejenak. Setelah dingin, potong bolu tape menjadi beberapa bagian sesuai selera dan sajikan untuk keluarga atau tamu yang datang berkunjung. Bolu tape siap untuk dinikmati!

Kesimpulan

Membuat bolu tape ternyata tidaklah sulit. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, kita bisa menyajikan bolu tape yang lezat dan menggugah selera. Jangan lupa, tambahkan keju parut sebagai pelengkap untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Selamat mencoba membuat bolu tape dan semoga berhasil!