Cara Membuat Biji Ketapang Simple

Persiapan Bahan dan Alat

Hello! Bagi Anda pecinta kudapan gurih dan renyah, pasti sudah tak asing lagi dengan biji ketapang. Camilan yang satu ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak dan proses pembuatannya yang sederhana. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat biji ketapang dengan mudah dan praktis. Mari simak langkah-langkahnya berikut ini!

Sebelum memulai proses membuat biji ketapang, ada beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang diperlukan:

1. Biji ketapang (500 gram)

2. Minyak kelapa (secukupnya)

3. Garam (secukupnya)

4. Wajan

5. Sendok kayu

6. Saringan

Langkah 1: Pemanasan Wajan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memanaskan wajan dengan api sedang. Pastikan wajan yang digunakan dalam kondisi bersih dan kering sebelum memanaskannya.

Panaskan wajan selama beberapa menit hingga benar-benar panas. Tujuan memanaskan wajan adalah agar biji ketapang bisa matang secara merata dan teksturnya menjadi renyah.

Langkah 2: Menambahkan Minyak Kelapa

Setelah wajan panas, tambahkan minyak kelapa secukupnya ke dalam wajan. Jumlah minyak kelapa yang ditambahkan disesuaikan dengan jumlah biji ketapang yang akan digoreng.

Minyak kelapa berfungsi untuk menggoreng biji ketapang hingga matang. Pastikan wajan terisi minyak kelapa dengan jumlah yang cukup agar biji ketapang bisa terendam saat digoreng.

Langkah 3: Menambahkan Biji Ketapang

Saat minyak kelapa sudah cukup panas, tambahkan biji ketapang ke dalam wajan. Aduk-aduk biji ketapang agar tercampur rata dengan minyak kelapa.

Pastikan biji ketapang terendam dalam minyak kelapa sehingga bisa matang dengan baik. Aduk biji ketapang secara perlahan agar tidak merusak teksturnya.

Langkah 4: Menggoreng Biji Ketapang

Diamkan biji ketapang dalam wajan selama beberapa menit hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Aduk-aduk biji ketapang secara teratur agar matang secara merata dan tidak gosong.

Pastikan api dalam keadaan sedang agar biji ketapang tidak terlalu cepat gosong. Jika perlu, atur intensitas api agar biji ketapang matang dengan sempurna.

Langkah 5: Menyaring Biji Ketapang

Jika biji ketapang sudah matang dengan warna kecokelatan, angkat biji ketapang dari wajan menggunakan sendok kayu. Tiriskan biji ketapang agar minyak berlebih bisa terpisah dari biji ketapang.

Gunakan saringan sebagai alat peniris untuk memisahkan biji ketapang dengan minyak kelapa. Proses penirisan ini bertujuan agar biji ketapang tidak terlalu berminyak dan tetap renyah.

Langkah 6: Memberikan Rasa

Setelah biji ketapang ditiriskan, berikan garam secukupnya ke dalam biji ketapang. Aduk-aduk biji ketapang agar garam tercampur merata.

Garam berguna untuk memberikan rasa gurih pada biji ketapang. Pastikan Anda menyesuaikan jumlah garam dengan selera masing-masing.

Langkah 7: Menyimpan dan Menikmati

Setelah selesai, biarkan biji ketapang dalam keadaan terbuka selama beberapa saat agar benar-benar kering. Setelah itu, biji ketapang siap untuk disimpan dalam wadah kedap udara.

Biji ketapang yang sudah matang dan kering dapat disimpan selama beberapa minggu jika disimpan dengan benar. Pastikan wadah penyimpanan benar-benar kedap udara agar biji ketapang tetap renyah.

Kesimpulan

Dalam membuat biji ketapang, langkah-langkahnya cukup sederhana dan tidak memerlukan banyak bahan dan alat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat biji ketapang sendiri di rumah dengan mudah.

Sebagai camilan favorit, biji ketapang sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau sebagai teman minum teh. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!