Cara Membuat Kue Putu Tanpa Bambu

Hello, pembaca yang budiman! Apakah Anda termasuk penggemar kue tradisional yang manis dan lezat? Salah satu kue tradisional yang sering ditemui di Indonesia adalah kue putu. Biasanya, kue putu dibuat dengan menggunakan bambu sebagai cetakan. Namun, tahukah Anda bahwa Anda juga bisa membuat kue putu tanpa bambu? Mari kita simak cara membuat kue putu tanpa bambu berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. 300 gram tepung ketan putih

2. 200 ml air hangat

3. 200 gram gula merah, serut

4. 100 gram kelapa parut, kukus

5. 1/2 sendok teh garam

6. 1/2 sendok teh vanili bubuk

7. Minyak goreng secukupnya

8. Gula pasir secukupnya untuk taburan

Langkah-langkah pembuatan:

1. Pertama-tama, siapkan tepung ketan putih dalam sebuah wadah. Tambahkan air hangat sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.

2. Setelah adonan kalis, tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 30 menit.

3. Selanjutnya, panaskan panci dengan api sedang. Tambahkan gula merah serut dan air secukupnya. Aduk hingga gula merah larut sempurna dan membentuk larutan kental. Angkat dan sisihkan.

4. Setelah adonan istirahat, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bulatkan.

5. Ambil selembar daun pisang dan oleskan minyak goreng tipis-tipis.

6. Ambil satu bola adonan dan pipihkan di atas daun pisang. Tambahkan gula merah cair di tengah adonan dan lipat daun pisang menjadi segitiga.

7. Lakukan langkah yang sama untuk adonan dan gula merah yang tersisa.

8. Panaskan panci pengukus dengan api sedang. Tata kue putu di atas pengukus dan kukus selama 15-20 menit.

9. Selagi menunggu kue putu matang, Anda bisa menyiapkan kelapa parut yang telah dikukus. Campurkan kelapa parut dengan garam dan vanili bubuk. Aduk rata.

10. Setelah kue putu matang, angkat dari panci pengukus dan biarkan sebentar hingga suhu agak dingin.

11. Keluarkan kue putu dari daun pisang dan taburi dengan kelapa parut yang telah dicampur garam dan vanili bubuk.

12. Kue putu siap disajikan. Anda bisa menikmatinya dalam keadaan hangat atau dingin.

Keistimewaan Kue Putu Tanpa Bambu

Membuat kue putu tanpa bambu memiliki keistimewaan tersendiri. Selain lebih praktis karena tidak perlu menggunakan bambu sebagai cetakan, kue putu ini juga memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang menggoda. Dengan resep yang sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapatkan, Anda bisa mencoba membuat kue putu tanpa bambu di rumah.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba resep kue putu tanpa bambu ini? Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menikmati kue putu dengan cara yang berbeda. Selamat mencoba dan selamat menikmati kue putu yang lezat!

Kesimpulan

Membuat kue putu tanpa bambu ternyata tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan tepung ketan putih, air hangat, gula merah, kelapa parut, garam, vanili bubuk, minyak goreng, dan gula pasir sebagai bahan-bahannya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa menyajikan kue putu yang lezat dan lembut di rumah. Selain itu, kue putu tanpa bambu ini juga memiliki keistimewaan tersendiri dengan tekstur yang lembut dan aroma yang menggoda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep kue putu tanpa bambu ini dan nikmati kelezatannya!