Kue Kering dari Tepung Terigu dan Telur: Resep Lezat untuk Menyambut Hari Raya

Menyenangkan Dapur dengan Kue Kering Homemade

Hello pembaca! Siapa yang tidak suka kue kering? Apalagi jika kue tersebut terbuat dari tepung terigu yang lembut dan telur segar. Kue kering menjadi salah satu camilan yang paling digemari oleh banyak orang, terutama saat menjelang hari raya. Tidak hanya lezat, tetapi juga menyenangkan untuk membuat sendiri di dapur. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep kue kering dari tepung terigu dan telur yang bisa Anda coba di rumah. Simak terus untuk menemukan resep yang lezat dan praktis!

Resep Kue Kering Praktis dengan Tepung Terigu dan Telur

Sebelum kita mulai dengan resep kue keringnya, pastikan Anda memiliki bahan-bahan berikut:

– 250 gram tepung terigu

– 125 gram mentega, suhu ruang

– 100 gram gula pasir

– 2 butir telur

– 1 sendok teh vanili

– Topping sesuai selera (cokelat parut, kacang almond, wijen, dll.)

Sekarang, mari kita mulai membuat kue kering yang lezat!

Langkah 1: Persiapan

Pertama, siapkan mangkuk besar dan mixer. Pastikan mentega berada pada suhu ruang agar lebih mudah diolah. Jika mentega masih terlalu keras, Anda bisa melelehkan sedikit di atas panci dengan api kecil. Setelah itu, kocok mentega hingga lembut dengan menggunakan mixer.

Langkah 2: Menambahkan Telur

Selanjutnya, masukkan gula pasir ke dalam mangkuk yang berisi mentega. Kocok keduanya hingga tercampur rata dan mengembang. Setelah itu, tambahkan telur satu per satu sambil terus mengocok adonan. Pastikan telur benar-benar tercampur rata dengan mentega dan gula.

Langkah 3: Penyaringan Tepung Terigu

Dalam langkah ini, kita akan menyaring tepung terigu agar kue keringnya lebih lembut. Gunakan saringan tepung untuk menyaring tepung terigu ke dalam mangkuk adonan. Proses penyaringan ini juga akan membantu menghilangkan gumpalan tepung yang mungkin ada.

Langkah 4: Menggabungkan Tepung Terigu ke Adonan

Setelah proses penyaringan selesai, tambahkan tepung terigu ke dalam mangkuk adonan. Aduk adonan perlahan menggunakan spatula atau sendok kayu. Pastikan tepung terigu tercampur rata dengan adonan, tetapi jangan terlalu banyak mengaduknya agar kue tidak terlalu keras.

Langkah 5: Menambahkan Vanili

Setelah adonan mengental, tambahkan vanili ke dalamnya. Vanili akan memberikan aroma yang harum pada kue kering Anda. Aduk kembali adonan hingga vanili tercampur merata.

Langkah 6: Membentuk Adonan menjadi Kue

Saatnya membentuk adonan menjadi kue-kue kecil yang cantik. Ambil sedikit adonan menggunakan sendok teh dan genggam di tangan Anda. Bentuk bulatan kecil dengan tangan dan letakkan di atas loyang yang telah diolesi dengan mentega atau menggunakan kertas roti.

Langkah 7: Melapisi Kue dengan Topping

Setelah adonan diletakkan di atas loyang, saatnya untuk melapisi kue dengan topping favorit Anda. Anda bisa menggunakan cokelat parut, kacang almond, atau wijen sebagai topping. Berikan topping dengan jumlah yang cukup agar kue terlihat menarik.

Langkah 8: Memanggang Kue Kering

Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius. Setelah itu, masukkan loyang berisi adonan kue ke dalam oven. Panggang kue selama 10-15 menit atau hingga kue berwarna keemasan. Jika kue masih terlihat pucat, biarkan kue dalam oven beberapa menit lagi.

Langkah 9: Menyimpan dan Menikmati Kue Kering

Setelah kue matang, angkat loyang dari oven dan biarkan kue dingin selama beberapa menit. Setelah itu, kue siap disimpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelezatannya. Kue kering dari tepung terigu dan telur siap untuk dinikmati bersama keluarga dan teman saat hari raya tiba!

Kesimpulan

Dengan resep kue kering dari tepung terigu dan telur ini, Anda dapat menyiapkan camilan lezat sendiri di rumah. Tambahkan variasi topping sesuai selera Anda untuk menciptakan kue yang unik dan menarik. Selamat mencoba!