kue ubi kukus

Hello, pembaca yang budiman! Apa kabar? Semoga dalam keadaan baik ya. Kali ini kita akan membahas tentang kue ubi kukus, makanan tradisional yang lezat dan nikmat. Siapa yang tidak suka dengan kue ubi kukus? Rasanya manis, lembut, dan tentu saja menggugah selera. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue ubi kukus sendiri di rumah, yuk simak artikel ini sampai habis!

Ubi, Bahan Utama Kue Ubi Kukus

Kue ubi kukus tentu saja memiliki bahan utama yang tak lain adalah ubi. Ubi merupakan jenis sayuran yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Warna kulitnya yang unik, yakni ungu, membuat ubi menjadi salah satu bahan pangan yang menarik.

Dalam membuat kue ubi kukus, kita membutuhkan ubi yang sudah dikupas dan dipotong menjadi beberapa bagian. Selanjutnya, ubi tersebut akan diolah menjadi adonan yang lembut dan bisa dikukus. Nah, jangan khawatir, meski terlihat rumit, sebenarnya membuat kue ubi kukus sangatlah mudah. Yuk, kita lanjut ke tahapan berikutnya.

Proses Pembuatan Kue Ubi Kukus yang Sederhana

Untuk membuat kue ubi kukus, pertama-tama kita perlu mengukus ubi hingga matang. Caranya cukup sederhana, tinggal letakkan ubi yang telah dipotong ke dalam alat pengukus dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, periksa apakah ubinya sudah matang dengan cara menusuknya menggunakan garpu. Jika sudah lunak, berarti ubi sudah siap digunakan.

Setelah ubi matang, angkat dan tumbuk ubi hingga halus. Anda juga bisa menggunakan blender jika tidak suka menggunakan alat tumbuk. Selanjutnya, tambahkan gula pasir dan santan ke dalam adonan ubi yang sudah dihaluskan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan adonan menjadi lembut. Jangan lupa menambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

Setelah adonan siap, tuangkan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin. Ratakan permukaan adonan dengan sendok atau spatula. Jangan lupa untuk menutup loyang dengan kain bersih agar uap air tidak masuk dan mengotori adonan.

Kukus Hingga Matang dan Sajikan dengan Topping Favorit

Setelah adonan terisi ke dalam loyang dan ditutup rapat dengan kain bersih, kue ubi kukus siap dikukus. Siapkan panci pengukus dan panaskan air di dalamnya. Setelah air mendidih, letakkan loyang yang berisi adonan ubi tadi ke dalam panci pengukus. Kukus selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga kue matang sempurna.

Saat menunggu kue matang, kita bisa mempersiapkan topping untuk kue ubi kukus. Ada banyak pilihan topping yang bisa digunakan, seperti serutan kelapa, kismis, cokelat parut, atau keju parut. Anda juga bisa menambahkan sedikit aroma pandan atau vanila pada adonan jika suka.

Jika kue ubi kukus telah matang, angkat dari panci pengukus dan biarkan dingin sejenak sebelum dikeluarkan dari loyang. Setelah itu, hias kue ubi kukus dengan topping favorit Anda. Serutan kelapa yang ditumis dengan sedikit gula dan sedikit garam akan memberikan kesan manis dan gurih pada kue.

Kelezatan Kue Ubi Kukus yang Menggoyang Lidah

Kue ubi kukus siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga tercinta. Rasanya yang manis, lembut, dan gurih akan membuat lidah Anda bergoyang dalam kebahagiaan. Cocok juga disajikan sebagai hidangan penutup setelah makan siang atau malam, atau sekedar camilan di sore hari.

Untuk menyimpan kue ubi kukus agar tetap lezat dan tahan lama, Anda bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara di dalam kulkas. Jika ingin menghangatkan kembali sebelum disantap, cukup panaskan kue di dalam kukusan atau microwave selama beberapa menit.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang kue ubi kukus yang lezat dan nikmat. Membuat kue ubi kukus sendiri di rumah tidaklah sulit, bahkan hasilnya juga bisa lebih segar dan lebih sehat karena tidak mengandung bahan pengawet. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Selamat mencoba dan selamat menikmati kue ubi kukus yang lezat!