Kumpulan Doa Setelah Pulang Haji dan Setelah Pulang Umroh untuk Jemaah dan Tamu

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1445 H melalui situs resminya. Tahun ini, pemberangkatan haji akan dimulai pada Minggu, 12 Mei 2024, dari Indonesia ke Arab Saudi. Selain mempersiapkan keberangkatan, persiapan untuk kepulangan juga sangat penting, salah satunya dengan memanjatkan doa. Terdapat beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca saat pulang. Berikut ini adalah kumpulan doa pulang haji dan umrah lengkap.

Doa setelah pulang haji dan umrah bagi tamu
Menurut sumber resmi NU, terdapat empat doa yang disarankan dibacakan saat menyambut jemaah haji pulang. Berikut adalah doa yang bisa dibaca:

1. Doa pertama

Selama perjalanan pulang, para jemaah haji disarankan untuk membaca doa berikut:

Âyibûna, tâ’ibûn, ‘âbidûn, sâjidûn li rabbinâ hâmidûn

Artinya: “(Kami) pulang, bertobat, menyembah, dan memuji Tuhan kami.”

 2. Doa kedua 

Doa ini bisa dibaca saat Jemaah haji sudah mulai memasuki kampung halaman:

Bismillâh allâhumma innî as-aluka khairahâ wa khaira ahliha wa khaira mâ fîhâ wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarri ahliha wa syarri mâ fîhâ

Artinya: “Dengan nama Allah, ya Allah, aku memohon kebaikannya, kebaikan pemiliknya, dan kebaikan sesuatu yang ada di dalamnya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan pemiliknya, dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya.”

3. Doa ketiga 

Doa yang satu ini bisa dibaca bagi keluarga atau tamu yang sudah dating dan ingin menyambut pulang Jemaah haji:

Qabballallâhu hajjaka, wa ghafara dzanbaka, wa akhlafa nafaqataka

Artinya: “Semoga Allah menerima ibadah hajimu, mengampuni dosamu, dan mengganti pengeluaranmu.”

4. Doa keempat 

Doa yang satu ini bisa dibaca oleh Jemaah haji jika sudah sampai dan akan masuk kedalam rumah:

Tauban, tauban, li rabbinâ awban, lâ yughâdiru hûban

Artinya: “Kami sungguh memohon pertobatan. Kepada Tuhan kami, kami kembali, tobat yang tidak menyisakan dosa.”

Doa setelah pulang umrah

Di samping doa menyambut haji, terdapat juga doa setelah pulang dari umrah yang dapat dibaca. Doa tersebut terdiri dari empat versi.

1. Doa pertama

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil’alamin. Allahumma sholli wasallim wabaarik ‘alaa sayyidina muhammadin sholatan tuballighuna bihaa hajja baitikal haraami wa ziyarota qobri nabiyyika muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallam

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi-Nya, Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan berkah kepada junjungan kami Nabi Muhammad, melalui shalawat ini kami diperkenankan berhaji ke Baitullah dan ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW.”

2. Doa kedua

Allahummaj’al hajjana hajjan mabruron, wa ‘umrotana ‘umrotan mabruron, wasa’ yana sa’yan masykuro, wa dzambanaa dzanban maghfuro, wa ‘amalana ‘amalan sholihan maqbula, watija rotana tijaarotan lan tabuur, yaa ‘aalima maa fis shuduur, akhrijna mina dzulumaati ilannuur

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah haji kami haji yang mabrur, umrah kami umrah yang mabrur, sa’i kami sa’i yang syukur, dosa kami dosa yang diampuni, amal kami amal yang diterima, dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi. Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam hati, keluarkanlah kami dari kegelapan menuju cahaya.”

3. Doa ketiga

Allahummasahhil umuuronawahasshil maqooshidanawaballignaa ilaika yaAllah. Allahummaj ma’ jam’an marhuuma. Allahumma inna nas-alukanni’mata warrohmata waqusnal qhotimah

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah segala urusan kami, capai tujuan kami, dan sampaikanlah kami kepada-Mu, wahai Allah. Ya Allah, kumpulkanlah kami bersama mereka yang mendapatkan rahmat-Mu. Ya Allah, kami memohon nikmat, rahmat, dan akhir yang baik kepada-Mu.”

4. Doa keempat

Robbanaa aatina fiddun ya hasanah, wafil aakhiroti hasanah, waqinaa ‘adzaa bannaar. Walhamdulillahi robbil ‘alamin

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa api neraka. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”