Resep Bikang Mawar Teflon: Membuat Camilan Manis yang Lezat di Rumah

Camilan Tradisional yang Menggugah Selera

Hello, pembaca yang budiman! Apakah Anda sedang mencari camilan manis yang lezat untuk mengisi waktu luang di rumah? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini, kami akan membagikan resep bikang mawar teflon yang dapat Anda coba sendiri di dapur. Bikang mawar teflon merupakan camilan tradisional yang terkenal dengan bentuknya yang menyerupai bunga mawar. Selain rasanya yang enak, bikang mawar teflon juga memiliki tampilan yang cantik dan menggugah selera. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai membuatnya!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bikang mawar teflon ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di toko-toko terdekat. Anda akan membutuhkan 250 gram tepung beras, 50 gram tepung kanji, 100 gram gula pasir, 1/4 sendok teh garam, 400 ml santan dari 1 butir kelapa parut, 1 sendok makan air daun pandan suji, dan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.

Pertama-tama, siapkan wadah besar untuk mencampurkan semua bahan kering, yaitu tepung kanji, tepung beras, gula pasir, dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Selanjutnya, tambahkan santan perlahan-lahan sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental dan tidak menggumpal. Jangan lupa untuk menambahkan air daun pandan suji ke dalam adonan untuk memberikan aroma yang khas.

Setelah adonan tercampur dengan baik, biarkan adonan istirahat selama kurang lebih 30 menit agar tepung bisa meresap sempurna dan menghasilkan tekstur yang lembut saat digoreng. Sementara menunggu adonan istirahat, panaskan teflon dengan api sedang dan tambahkan sedikit minyak goreng untuk melapisi teflon sehingga adonan tidak lengket saat digoreng.

Selanjutnya, tuangkan adonan ke dalam cetakan bunga mawar yang telah dipanaskan. Pastikan cetakan terisi hingga penuh agar bikang mawar teflon memiliki bentuk yang sempurna. Biarkan adonan mengeras sedikit selama beberapa detik sebelum memutar cetakan agar bikang mawar teflon bisa lepas dengan mudah. Setelah itu, balik bikang mawar teflon dan goreng hingga kedua sisinya berwarna keemasan.

Setelah matang, angkat bikang mawar teflon dari teflon dan tiriskan sejenak untuk menghilangkan minyak berlebih. Ulangi proses ini hingga semua adonan habis. Jika Anda ingin memberikan sentuhan ekstra pada bikang mawar teflon, Anda bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti keju parut, meses, atau potongan buah di tengah-tengahnya.

Terakhir, sajikan bikang mawar teflon dalam piring saji yang cantik dan siap untuk dinikmati. Camilan ini cocok disantap bersama keluarga saat berkumpul di sore hari atau dijadikan sebagai camilan manis saat bersantai di akhir pekan. Dengan tekstur yang lembut dan rasa manis yang khas, bikang mawar teflon ini pasti akan menggugah selera Anda.

Kesimpulan

Terima kasih telah membaca artikel ini dan telah mencoba resep bikang mawar teflon yang kami bagikan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencoba membuat camilan tradisional yang lezat di rumah. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan topping dan variasi rasa yang berbeda untuk menciptakan bikang mawar teflon yang unik dan sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan selamat menikmati bikang mawar teflon yang enak!