Resep Bolu Kukus Loyang Takaran Sendok yang Lezat dan Praktis

Membuat kue bolu kukus memang menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Selain bisa menghasilkan kue yang lezat, proses membuatnya pun sangat mudah. Bagi Anda yang ingin mencoba resep bolu kukus yang praktis dan enak, berikut adalah resep bolu kukus loyang takaran sendok yang bisa Anda coba di rumah.

Hello, pembaca yang Budiman! Pada artikel kali ini, kami akan membagikan resep bolu kukus loyang takaran sendok yang tak hanya lezat, tetapi juga sangat mudah untuk dibuat. Dalam resep ini, Anda akan menggunakan takaran sendok sebagai patokan dalam mencampur bahan-bahan yang diperlukan. Jadi, tidak perlu lagi menggunakan timbangan yang rumit. Mari kita mulai!

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus loyang takaran sendok ini. Anda akan membutuhkan: 6 sendok makan terigu, 6 sendok makan tepung maizena, 8 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh baking powder, 1/2 sendok teh vanili bubuk, 4 sendok makan margarin, 1 butir telur, 200 ml santan kental, dan 1/4 sendok teh garam.

Setelah semua bahan tersedia, langkah berikutnya adalah mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, gula pasir, baking powder, dan vanili bubuk dalam satu wadah. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Selanjutnya, tambahkan margarin yang telah dilelehkan, telur, santan kental, dan garam ke dalam campuran tepung tadi. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik dan membentuk adonan yang lembut.

Setelah adonan tercampur rata, siapkan loyang yang telah diolesi margarin agar bolu tidak lengket. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya dengan spatula.

Setelah itu, panaskan panci pengukus dengan air yang cukup. Letakkan loyang adonan bolu kukus di atas panci pengukus dan tutup rapat. Kukus bolu selama kurang lebih 30-40 menit dengan api sedang hingga matang sempurna.

Selama proses pengukusan, pastikan untuk tidak membuka tutup panci, sehingga uap panas tidak keluar dan bolu matang dengan sempurna. Setelah matang, angkat loyang dari pengukus dan biarkan sejenak hingga agak dingin.

Saat bolu sudah agak dingin, keluarkan dari loyang dan potong sesuai dengan selera Anda. Bolu kukus loyang takaran sendok siap disajikan. Anda bisa menambahkan topping seperti keju parut atau cokelat meses agar tampilan bolu lebih menarik.

Resep bolu kukus loyang takaran sendok ini sangat cocok untuk disajikan sebagai hidangan penutup di acara keluarga atau bahkan sebagai camilan di sore hari. Dengan menggunakan takaran sendok, membuat bolu kukus menjadi lebih praktis.

Anda juga bisa mengkreasikan bolu kukus ini dengan menambahkan berbagai bahan tambahan seperti kismis atau potongan buah kering lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mencoba variasi rasa dengan menambahkan ekstrak pandan atau maizena cokelat ke dalam adonan.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep bolu kukus loyang takaran sendok ini di rumah. Nikmati kelezatannya dan bagikan bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Bolu kukus loyang takaran sendok merupakan pilihan yang praktis dan lezat untuk Anda yang ingin membuat kue lezat tanpa ribet. Dalam resep ini, takaran sendok digunakan sebagai patokan, sehingga tidak perlu lagi menggunakan timbangan yang rumit. Selain itu, variasi rasa dan topping bisa Anda tambahkan sesuai dengan selera. Cobalah resep bolu kukus loyang takaran sendok ini di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga tercinta.