Resep Kembang Goyang Tepung Beras dan Terigu

Membuat Camilan Lezat dan Gurih untuk Teman Ngemil

Hello! Bagaimana kabar pembaca semua? Pada kesempatan kali ini, kita akan berbagi resep kembang goyang tepung beras dan terigu yang pasti akan membuat Anda ketagihan. Kembang goyang adalah camilan tradisional Indonesia yang terbuat dari campuran tepung beras dan terigu yang digoreng hingga renyah dan gurih. Camilan ini sangat cocok disajikan sebagai teman ngemil di sore hari atau saat berkumpul bersama keluarga. Yuk, simak resep lengkapnya berikut ini!

Seperti yang kita ketahui, kembang goyang memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalamnya. Untuk mencapai tekstur yang sempurna, kita perlu mempersiapkan bahan-bahan yang tepat. Berikut adalah bahan-bahan yang akan kita gunakan:

1. 200 gram tepung beras

2. 100 gram tepung terigu

3. 2 sendok makan air kapur sirih

4. 1 sendok teh garam

5. 1 sendok teh merica bubuk

6. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

7. Air secukupnya untuk adonan

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mencampurkan tepung beras dan terigu dalam sebuah wadah yang cukup besar. Tambahkan air kapur sirih dan sedikit air secukupnya ke dalam campuran tepung. Aduk rata hingga membentuk adonan yang kalis.

Setelah adonan kalis, tambahkan garam dan merica bubuk ke dalamnya. Uleni adonan dengan tangan hingga semua bahan tercampur merata. Jika dirasa adonan terlalu kering, tambahkan sedikit air lagi. Sebaliknya, jika adonan terlalu lembek, tambahkan tepung secukupnya hingga adonan kembali kalis.

Selanjutnya, setelah adonan tercampur rata, diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang. Pastikan menutup wadah dengan kain bersih agar adonan tidak kering. Setelah 30 menit, adonan siap untuk digunakan.

Untuk membentuk kembang goyang, panaskan minyak dalam wajan yang cukup dalam. Pastikan minyak benar-benar panas agar kembang goyang bisa mengembang dengan baik. Selama menunggu minyak panas, kita bisa mempersiapkan cetakan khusus untuk membuat kembang goyang.

Cetakan kembang goyang bisa Anda dapatkan di toko-toko peralatan dapur. Pilihlah cetakan dengan bentuk yang unik, seperti bunga atau bulan sabit, agar kembang goyang Anda tampak lebih menarik. Pastikan juga cetakan tersebut tahan panas agar tidak rusak saat digunakan untuk menggoreng.

Setelah minyak benar-benar panas, ambil adonan kembang goyang menggunakan sendok makan dan tuangkan ke dalam cetakan yang telah dipanaskan. Pastikan cetakan terendam sepenuhnya dalam minyak. Tunggu beberapa saat hingga adonan terlepas dari cetakan dan berubah warna menjadi kecokelatan.

Jika permukaan kembang goyang sudah berubah warna, gunakan sumpit atau garpu untuk membaliknya. Goreng hingga kedua sisi kembang goyang berwarna kecokelatan dengan tekstur yang renyah. Angkat dan tiriskan kembang goyang pada kertas minyak agar minyak berlebih terserap.

Setelah kembang goyang benar-benar dingin, Anda bisa menyimpannya dalam toples atau wadah kedap udara agar tetap renyah. Kembang goyang siap disajikan sebagai camilan lezat dan gurih untuk teman ngemil kapan pun Anda mau.

Kesimpulan

Demikianlah resep kembang goyang tepung beras dan terigu yang bisa Anda coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan mendapatkan kembang goyang yang lezat dan gurih. Jangan ragu untuk mencoba camilan tradisional ini, karena rasanya yang enak pasti akan membuat Anda ketagihan. Selamat mencoba!