Resep Kue Lumpur Lapindo: Lezatnya Kue yang Menggugah Selera

Mengenal Kue Lumpur Lapindo

Hello pembaca setia! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai resep kue lumpur lapindo. Mungkin beberapa dari Anda masih belum familiar dengan kue yang satu ini. Kue lumpur lapindo adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang khas. Kue ini terkenal di daerah Sidoarjo, Jawa Timur, karena namanya yang terinspirasi oleh bencana lumpur panas Sidoarjo yang terjadi pada tahun 2006.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat kue lumpur lapindo, tentunya ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 150 gram gula pasir
  3. 3 butir telur
  4. 100 gram margarin, lelehkan
  5. 200 ml air kelapa
  6. 1 sendok teh vanila
  7. 1/2 sendok teh baking powder
  8. Secubit garam

Cara Membuat Kue Lumpur Lapindo

Setelah semua bahan sudah disiapkan, kita dapat mulai membuat kue lumpur lapindo yang lezat ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan baking powder dalam sebuah wadah besar. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

Langkah 2: Pecahkan telur satu per satu ke dalam wadah berisi campuran tepung terigu. Aduk merata setiap kali satu telur ditambahkan.

Langkah 3: Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan ke dalam adonan. Aduk rata hingga margarin tercampur secara merata dengan campuran tepung terigu dan telur.

Langkah 4: Tuangkan air kelapa sedikit-sedikit ke dalam adonan. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Langkah 5: Tambahkan vanila dan garam ke dalam adonan. Aduk rata hingga tercampur secara merata.

Langkah 6: Diamkan adonan selama 30 menit agar adonan mengembang dan matang dengan sempurna.

Langkah 7: Panaskan cetakan kue lumpur menggunakan api kecil. Olesi cetakan dengan sedikit margarin agar adonan tidak lengket saat diambil.

Langkah 8: Tuangkan adonan kue lumpur ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan. Isi cetakan hingga penuh, namun jangan sampai tumpah.

Langkah 9: Tutup cetakan kue lumpur dan biarkan adonan matang selama kurang lebih 10-15 menit. Pastikan api tetap kecil agar kue tidak gosong.

Langkah 10: Setelah adonan matang, angkat kue lumpur dari cetakan menggunakan tusuk gigi atau sendok kayu. Letakkan kue lumpur di atas piring saji.

Langkah 11: Ulangi langkah 7 hingga 10 hingga adonan habis.

Langkah 12: Kue lumpur lapindo siap disajikan! Nikmati kue hangat ini bersama keluarga tercinta.

Kesimpulan

Demikianlah resep kue lumpur lapindo yang lezat dan menggugah selera. Kue ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencoba resep kue tradisional Indonesia yang unik dan lezat. Selamat mencoba dan semoga kue lumpur lapindo ini dapat menjadi hidangan spesial di meja makan Anda!

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Selamat mencoba resep kue lumpur lapindo dan semoga sukses!