Resep Kue Putu Ayu untuk 100 Biji

Lezat dan Sederhana, Inilah Cara Membuat Kue Putu Ayu yang Menggugah Selera

Hello, pembaca setia! Apakah Anda mencari resep yang lezat dan sederhana untuk membuat kue putu ayu dalam jumlah besar? Anda berada di tempat yang tepat! Kue putu ayu adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep kue putu ayu yang dapat Anda buat untuk 100 biji. Jadi, siapkan bahan-bahan dan ikuti panduan langkah demi langkah berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

1. 400 gram tepung terigu

2. 250 gram gula pasir

3. 300 ml santan kental

4. 4 butir telur

5. 1 sendok teh baking powder

6. 1/2 sendok teh vanili bubuk

7. 1/4 sendok teh garam

8. Daun pandan secukupnya (untuk pewarna dan aroma)

9. Minyak sayur secukupnya (untuk olesan)

10. Kelapa parut secukupnya (untuk taburan)

Langkah 1: Membuat Adonan

Pertama-tama, kita akan membuat adonan kue putu ayu. Dalam sebuah mangkuk besar, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, vanili bubuk, dan garam. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

Setelah itu, pecahkan telur ke dalam mangkuk adonan dan tambahkan santan kental. Aduk adonan secara perlahan hingga semua bahan tercampur sempurna. Pastikan tidak ada gumpalan tepung yang tersisa.

Selanjutnya, ambil daun pandan segar dan potong menjadi beberapa bagian kecil. Blender daun pandan dengan sedikit air hingga halus dan menghasilkan pasta hijau. Tambahkan pasta pandan ke dalam adonan dan aduk kembali hingga merata.

Catat: Jika Anda tidak memiliki daun pandan segar, Anda dapat menggunakan pasta pandan yang sudah tersedia di pasaran. Namun, rasanya mungkin sedikit berbeda.

Langkah 2: Menyiapkan Loyang dan Alat Pemanggang

Selanjutnya, siapkan loyang berukuran kecil atau cetakan kue putu ayu yang telah Anda miliki. Oles permukaan loyang dengan minyak sayur secara merata untuk mencegah adonan menempel saat dipanggang.

Setelah itu, panaskan alat pemanggang (misalnya, panci pengukus atau kukusan) dengan air hingga mendidih. Pastikan alat pemanggang yang Anda gunakan cukup besar untuk menampung semua loyang atau cetakan kue putu ayu.

Langkah 3: Mengisi Adonan ke Loyoang

Saat air di alat pemanggang mulai mendidih, tuangkan adonan kue putu ayu ke dalam loyang yang telah diolesi minyak. Isi setiap loyang hanya setengah hingga tiga perempat penuh. Jangan mengisi terlalu penuh karena adonan akan membesar saat dipanggang.

Setelah Anda mengisi semua loyang, rapatkan tutup alat pemanggang. Panggang adonan selama 15-20 menit atau hingga matang. Anda dapat memeriksa kematangan kue dengan menusukkan tusuk gigi ke dalamnya. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang.

Langkah 4: Taburan dan Penyajian

Setelah kue putu ayu matang, angkat loyang dari alat pemanggang dan biarkan dingin beberapa saat. Kemudian, keluarkan kue dari loyang dan letakkan di atas rak pendingin untuk membantu mendinginkan kue secara merata.

Saat kue sudah dingin, taburkan kelapa parut di atasnya secara merata. Anda dapat menggunakan kelapa parut segar atau kelapa parut kering yang telah disangrai terlebih dahulu. Taburan kelapa akan memberikan rasa dan aroma yang lezat pada kue putu ayu.

Selesai! Nikmati Kue Putu Ayu dalam Jumlah Besar

Anda sekarang telah berhasil membuat kue putu ayu untuk 100 biji. Kue putu ayu ini sangat cocok disajikan sebagai hidangan penutup dalam acara keluarga atau pesta. Rasanya yang lezat dan aroma pandan yang khas akan memukau siapa saja yang mencicipinya. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah dan bagikan kebaikan kepada orang-orang terdekat Anda!

Selamat mencoba!