Resep Kue Talam Ubi Ungu

Lezatnya Kue Talam dengan Ubi Ungu yang Manis dan Gurih

Hello pembaca yang sedang mencari resep kue yang lezat dan unik! Pada kesempatan kali ini, kita akan berbagi resep tentang kue talam yang menggunakan bahan utama ubi ungu. Kue talam ini memiliki kelembutan yang luar biasa dan manisnya ubi ungu yang menggoda selera. Dengan mengikuti resep ini, Anda akan dapat menciptakan kue talam ubi ungu yang sempurna untuk keluarga dan teman-teman tercinta. Yuk, mari kita mulai mencoba resep ini!

Kue talam ubi ungu adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat populer. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi hidangan yang sempurna untuk menemani teh atau kopi pada sore hari. Selain itu, kue talam ubi ungu juga memiliki tampilan yang cantik dengan warna ungu yang menawan. Dengan resep yang sederhana dan bahan-bahan yang mudah ditemukan, Anda dapat membuat kue talam ubi ungu ini di rumah dengan mudah.

Untuk membuat kue talam ubi ungu, bahan utama yang Anda butuhkan adalah ubi ungu yang sudah dikukus hingga matang. Anda juga perlu menyiapkan tepung beras, santan, gula, dan sedikit garam sebagai bahan pengikat dan pemanis kue talam ini. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan sedikit pewarna makanan ungu untuk meningkatkan warna kue talam ubi ungu Anda.

Langkah pertama dalam membuat kue talam ubi ungu adalah menghaluskan ubi ungu yang sudah dikukus. Anda dapat menggunakan blender atau food processor untuk menghaluskan ubi ungu ini. Setelah ubi ungu halus, tambahkan tepung beras, santan, gula, dan garam ke dalamnya. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Selanjutnya, panaskan kukusan dengan api sedang hingga air dalam kukusan mendidih. Setelah air mendidih, tuangkan adonan kue talam ubi ungu ke dalam cetakan yang telah diolesi minyak. Pastikan cetakan tidak terlalu penuh, karena adonan akan mengembang saat dikukus. Tutup kukusan dan kukus kue talam selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga matang.

Setelah 20-25 menit, buka kukusan dan periksa kekematangan kue talam ubi ungu. Jika permukaan kue sudah tidak lengket ketika disentuh, berarti kue talam sudah matang. Angkat kue talam dari kukusan dan biarkan dingin sejenak.

Saat menunggu kue talam dingin, Anda dapat membuat lapisan atas kue talam ubi ungu. Campurkan tepung beras, santan, gula, dan sedikit garam dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Jika ingin memberikan sentuhan warna yang menarik, Anda dapat menambahkan sedikit pewarna makanan ungu ke dalam adonan ini.

Setelah kue talam agak dingin, tuangkan adonan lapisan atas ke atas kue talam ubi ungu yang sudah matang. Pastikan permukaan adonan rata dan meratakan dengan spatula. Setelah itu, kukus lagi kue talam ubi ungu selama 15-20 menit atau hingga lapisan atas matang sempurna.

Setelah proses pengukusan kedua selesai, angkat kue talam ubi ungu dan biarkan dingin sepenuhnya. Setelah dingin, potong-potong kue talam ubi ungu menjadi bentuk yang diinginkan dan sajikan dalam piring saji atau wadah yang menarik. Kue talam ubi ungu siap untuk dinikmati!

Hancurkan kue talam ubi ungu di mulut Anda dan nikmati kelezatan yang tersembunyi di dalamnya. Rasanya yang manis dan gurih akan membuat Anda ketagihan. Kue talam ubi ungu juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan penutup di acara keluarga atau reuni dengan teman-teman. Dijamin, semua orang akan terkesan dengan kelezatan kue talam ubi ungu buatan Anda!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep kue talam ubi ungu ini di rumah dan nikmati kelezatan kue tradisional yang lezat ini. Selamat mencoba!

Selamat Menikmati Kue Talam Ubi Ungu yang Lezat!