Resep Pukis Bangka: Nikmatnya Manisnya Kepulangan ke Kampung Halaman

Pukis Bangka: Makanan Khas Pulau Bangka yang Menggugah Selera

Hello pembaca yang sedang mencari inspirasi resep makanan baru! Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menjelajahi cita rasa Pulau Bangka melalui makanan khasnya yang terkenal, yaitu pukis Bangka. Pukis Bangka merupakan panganan manis yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan santan kelapa. Lezatnya pukis Bangka akan membuat Anda tergoda untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Mari kita simak bersama resep pukis Bangka yang santai ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Pukis Bangka

Sebelum memulai proses pembuatan pukis Bangka, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 200 ml santan kelapa
  3. 150 gram gula pasir
  4. 3 butir telur
  5. 1 sendok teh ragi instan
  6. 1/2 sendok teh baking powder
  7. 1/2 sendok teh vanili bubuk
  8. 1/4 sendok teh garam
  9. Mentega secukupnya untuk mengoles loyang

Jika semua bahan sudah tersedia, mari kita mulai proses pembuatan pukis Bangka!

Cara Membuat Pukis Bangka yang Lezat

1. Pertama-tama, haluskan gula pasir hingga lembut menggunakan blender atau food processor. Kemudian, tambahkan telur dan kocok hingga rata.

2. Dalam wadah terpisah, campurkan tepung terigu, ragi instan, baking powder, vanili bubuk, dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

3. Setelah itu, tuangkan campuran telur dan gula ke dalam wadah berisi campuran tepung terigu. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan sempurna.

4. Tambahkan santan kelapa sedikit demi sedikit ke dalam adonan dan aduk hingga merata. Pastikan adonan memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu kental.

5. Setelah adonan tercampur dengan baik, diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang sempurna.

6. Siapkan loyang pukis dan oleskan mentega secara merata untuk mencegah adonan lengket.

7. Panaskan loyang pukis di atas kompor dengan api kecil. Kemudian, tuangkan adonan ke dalam loyang hingga setengah tinggi loyang terisi.

8. Tutup loyang pukis dengan tutup agar panas merata di dalam loyang. Biarkan adonan mengembang selama beberapa menit.

9. Setelah itu, buka tutup loyang pukis dan tutup kembali. Panggang adonan selama kurang lebih 3-4 menit atau hingga bagian bawah pukis matang dan berwarna kecokelatan.

10. Balikkan pukis Bangka dan panggang lagi selama beberapa menit hingga matang sempurna.

11. Setelah pukis matang, angkat dari loyang dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan. Pukis Bangka siap untuk dinikmati saat masih hangat atau bisa disimpan dalam wadah kedap udara untuk dinikmati nanti.

Kesimpulan

Selesai sudah resep pukis Bangka yang lezat ini! Membuat pukis Bangka sendiri di rumah tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan. Dengan cara yang sederhana dan bahan yang mudah didapatkan, Anda bisa menikmati pukis Bangka yang lezat kapan saja. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan!