Resep Putu Ayu 2 Telur: Cara Membuat Kue Tradisional yang Lezat

Hello! Apakah Anda pecinta kue tradisional? Jika iya, maka Anda harus mencoba resep putu ayu 2 telur ini. Kue putu ayu adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa kelapa yang gurih. Dalam resep ini, kami akan menggunakan 2 telur untuk memberikan kelembutan ekstra pada kue ini. Jadi, mari kita mulai membuatnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

Sebelum memulai proses pembuatan putu ayu, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

– 200 gram tepung terigu

– 150 gram gula pasir

– 2 butir telur

– 200 ml santan kental

– 1 sendok teh vanili bubuk

– 1/2 sendok teh baking powder

– 1/2 sendok teh garam

– Secukupnya daun pandan untuk pewarna alami (opsional)

– Secukupnya kelapa parut untuk taburan

Cara Membuat:

1. Pertama-tama, siapkan wadah dan campurkan tepung terigu, gula pasir, vanili bubuk, baking powder, dan garam. Aduk rata menggunakan saringan agar tidak ada gumpalan.

2. Kemudian, pecahkan 2 butir telur ke dalam wadah yang berbeda dan kocok lepas menggunakan whisk atau garpu.

3. Setelah itu, tuangkan campuran telur ke dalam campuran tepung terigu sedikit-sedikit sambil terus diaduk perlahan. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik.

4. Selanjutnya, masukkan santan kental secukupnya ke dalam adonan dan aduk hingga tercampur rata. Jika Anda ingin memberikan warna alami pada putu ayu, Anda bisa menambahkan air rebusan daun pandan ke dalam adonan.

5. Panaskan kukusan dengan api sedang sambil menunggu adonan sebentar agar mengembang. Pastikan Anda telah menyiapkan cetakan putu ayu yang telah diolesi sedikit minyak agar kue tidak lengket.

6. Setelah kukusan panas, tuangkan adonan putu ayu ke dalam cetakan hingga penuh. Jangan lupa menutup cetakan dengan kain bersih agar uap air tidak masuk ke dalam adonan.

7. Kukus putu ayu selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga matang. Anda dapat memeriksa kekematangan dengan menusuk putu ayu menggunakan tusuk gigi. Jika tidak ada adonan yang menempel, berarti putu ayu sudah matang.

8. Setelah matang, angkat putu ayu dari kukusan dan dinginkan sejenak. Kemudian, keluarkan putu ayu dari cetakan dan letakkan di atas piring saji.

9. Terakhir, taburi putu ayu dengan kelapa parut secukupnya untuk memberikan rasa gurih dan tampilan yang lebih menarik. Putu ayu siap disajikan!

Kesimpulan:

Putu Ayu 2 Telur, Kue Lezat yang Mudah Dibuat

Putu ayu 2 telur adalah variasi dari kue putu ayu yang lebih lezat dan lembut. Dengan penambahan 2 butir telur, kue ini memiliki tekstur yang lebih moist dan rasa yang lebih nikmat. Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit, sehingga Anda bisa mencoba membuatnya di rumah.

Dalam resep ini, kita menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar atau toko terdekat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mencari bahan-bahan yang sulit didapatkan.

Selain itu, putu ayu juga bisa menjadi alternatif kue untuk acara spesial, seperti arisan atau ulang tahun. Rasanya yang lezat dan tampilannya yang cantik akan membuat tamu-tamu Anda terkesan.

Jadi, tunggu apalagi? Segera coba resep putu ayu 2 telur ini dan nikmati sensasi kelezatan kue tradisional Indonesia di rumah Anda sendiri!