Resep Putu Ayu Simple: Nikmati Kelezatan Tradisional dengan Mudah

Kenalkan, Putu Ayu: Lezatnya Kue Tradisional yang Menggugah Selera

Hello! Apa kabar pembaca setia? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sebuah resep yang pasti akan membuat lidah kita bergoyang. Siapa yang tidak kenal dengan putu ayu? Kue tradisional ini telah menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Dengan rasa yang manis dan tekstur yang lembut, putu ayu tak jarang menjadi hidangan wajib di berbagai acara spesial. Yuk, mari kita simak bersama-sama resep putu ayu simple yang bisa kamu coba di rumah!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Putu Ayu

Sebelum kita mulai membuat putu ayu, ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan ini umumnya mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut adalah daftar bahan yang dibutuhkan:

1. 200 gram tepung terigu

2. 200 ml santan kental

3. 150 gram gula pasir

4. 3 butir telur

5. 1 sendok teh vanili bubuk

6. 1/2 sendok teh baking powder

7. Garam secukupnya

8. Pewarna makanan (opsional)

9. Daun pandan secukupnya untuk membungkus

Langkah-Langkah Pembuatan Putu Ayu yang Mudah

Dengan bahan-bahan yang sudah kita siapkan, kita dapat mulai membuat putu ayu yang lezat. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, vanili bubuk, baking powder, dan garam dalam sebuah wadah.

2. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam wadah yang berisi campuran tepung terigu. Aduk hingga tercampur rata.

3. Tambahkan santan sedikit-sedikit ke dalam campuran tersebut sambil terus diaduk hingga adonan terasa lembut dan tidak bergerindil.

4. Jika kamu ingin memberi warna pada putu ayu, tambahkan pewarna makanan sesuai selera ke dalam adonan.

5. Panaskan kukusan dengan api sedang hingga air dalam kukusan mulai mendidih. Jangan lupa untuk melapisi tutup kukusan dengan kain bersih agar uap air yang turun tidak mengotori putu ayu.

6. Ambil daun pandan dan potong kecil-kecil untuk membungkus putu ayu.

7. Ambil cetakan putu ayu dan olesi dengan sedikit minyak agar adonan tidak lengket.

8. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh, lalu tutup dengan daun pandan yang sudah dipotong tadi.

9. Letakkan cetakan di dalam kukusan yang sudah dipanaskan tadi. Kukus selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga matang.

10. Setelah matang, angkat putu ayu dari kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum dihidangkan.

Selamat Menikmati Putu Ayu yang Lezat dan Sederhana

Selamat! Putu ayu yang lezat dan sederhana sudah siap untuk dinikmati. Kue tradisional ini cocok disajikan sebagai hidangan penutup atau sebagai camilan saat santai bersama keluarga. Jangan lupa untuk menyimpan putu ayu dalam wadah kedap udara agar tetap lezat dan tahan lebih lama.

Kesimpulan

Putu ayu adalah salah satu kue tradisional yang tidak pernah kehilangan pesonanya. Dengan resep yang sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapatkan, putu ayu bisa dengan mudah dibuat di rumah. Selain itu, putu ayu juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengenang kenangan masa kecil dan merayakan budaya Indonesia yang kaya akan hidangan lezat. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera coba resep putu ayu simple ini dan manjakan lidah serta perutmu!