Resep Selai Nanas untuk Nastar NCC

Membuat Nastar yang Lezat dengan Selai Nanas Homemade

Hello pembaca! Apakah Anda pecinta kue nastar yang lezat dan renyah? Jika iya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Nastar adalah salah satu kue kering yang populer di Indonesia, terutama saat momen spesial seperti Hari Raya. Biasanya, nastar terdiri dari kulit kue yang lembut dan selai nanas yang manis di dalamnya. Nah, pada artikel ini, kami akan membagikan resep selai nanas untuk nastar NCC (Nina Cooking Class), yang terkenal dengan hasilnya yang lezat dan menggoda selera. Yuk, simak resepnya berikut ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

Sebelum memulai pembuatan selai nanas untuk nastar NCC, pastikan Anda menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang akan digunakan:

  1. 1 buah nanas ukuran sedang
  2. 200 gram gula pasir
  3. 1 batang kayu manis
  4. 2 siung cengkeh
  5. 1 sendok makan air jeruk nipis

Langkah Pembuatan Selai Nanas:

Pertama-tama, Anda perlu mempersiapkan nanas yang akan digunakan untuk membuat selai. Kupas nanas dan potong menjadi bagian kecil-kecil. Anda bisa menggunakan blender untuk menghancurkan nanas hingga halus atau memotongnya secara manual dengan pisau. Setelah itu, siapkan panci dengan api sedang dan masukkan nanas yang sudah dipersiapkan ke dalamnya.

Selanjutnya, tambahkan gula pasir ke dalam panci dengan nanas. Gula ini akan memberikan rasa manis pada selai nanas Anda. Anda juga bisa menyesuaikan jumlah gula sesuai dengan selera Anda. Tambahkan kayu manis dan cengkeh ke dalam panci untuk memberikan aroma yang khas pada selai nanas. Aduk semua bahan dengan spatula atau sendok kayu agar tercampur rata.

Nyalakan kompor dengan api sedang dan biarkan campuran nanas, gula, kayu manis, dan cengkeh mendidih. Ketika sudah mendidih, kecilkan api kompor dan biarkan selai nanas mendidih perlahan selama sekitar 1-2 jam. Pastikan untuk sesekali mengaduk selai nanas agar tidak gosong di bagian bawah panci.

Setelah selai nanas mendidih selama 1-2 jam, cek kekentalannya. Anda dapat menguji kekentalan selai dengan mencoba menuangkan sedikit selai di piring datar atau cangkir. Jika selai tidak mengalir dan tetap pada tempatnya, berarti selai sudah cukup kental. Namun, jika selai masih terlalu cair, biarkan selai mendidih lagi selama beberapa saat hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

Saat selai sudah mencapai kekentalan yang diinginkan, matikan api kompor dan tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis ke dalam selai nanas. Air jeruk nipis akan memberikan rasa segar dan menyeimbangkan rasa manis dari gula. Aduk rata selai nanas dengan air jeruk nipis menggunakan spatula atau sendok kayu.

Terakhir, biarkan selai nanas dingin di suhu ruangan sebelum digunakan. Setelah dingin, selai nanas siap untuk digunakan sebagai isian nastar. Anda dapat menyimpan selai nanas dalam wadah kedap udara di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya.

Kesimpulan

Itulah resep selai nanas untuk nastar NCC yang dapat Anda coba di rumah. Dengan menggunakan selai nanas buatan sendiri, Anda dapat menikmati nastar yang lezat dan segar. Selai nanas ini juga bisa digunakan sebagai isian pada kue-kue lainnya, seperti bolu gulung atau tart nanas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!