Resep Wingko Babat Menggunakan Cetakan

Cara Mudah Membuat Wingko Babat dengan Cetakan

Hello, pembaca yang budiman! Apakah Anda pecinta makanan tradisional Indonesia? Jika iya, Anda pasti tidak asing dengan wingko babat. Wingko babat adalah kue tradisional yang terbuat dari kelapa parut dan gula kelapa. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat wingko babat sendiri di rumah, kami memiliki resep yang mudah dan praktis menggunakan cetakan. Simaklah resep berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat wingko babat menggunakan cetakan ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau toko terdekat. Anda memerlukan 300 gram kelapa parut kasar, 200 gram gula kelapa, 150 gram tepung ketan, 100 gram tepung beras, 2 sendok makan air daun pandan, 1 sendok teh garam, dan 200 ml air matang. Selain itu, Anda juga membutuhkan cetakan kue wingko babat yang bisa Anda beli di toko kue atau online.

Langkah pertama dalam membuat wingko babat adalah mencampurkan kelapa parut kasar dengan gula kelapa. Aduk rata kedua bahan tersebut dan sisihkan. Selanjutnya, campurkan tepung ketan, tepung beras, air daun pandan, dan garam dalam wadah yang berbeda. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Selanjutnya, tuangkan air matang ke dalam campuran tepung ketan dan tepung beras. Aduk rata hingga adonan terbentuk dan tidak ada gumpalan. Setelah itu, tambahkan campuran kelapa parut dan gula kelapa ke dalam adonan tepung. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Setelah adonan jadi, panaskan cetakan kue wingko babat di atas api sedang. Pastikan cetakan telah terlebih dahulu diolesi minyak agar adonan tidak lengket pada cetakan. Setelah cetakan panas, tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh. Ratakan permukaan adonan dengan bantuan sendok agar wingko babat memiliki bentuk yang rapi dan bagus.

Tutup cetakan dan biarkan adonan matang selama kurang lebih 15-20 menit. Pastikan Anda memasak wingko babat dengan api sedang agar matang secara merata. Jika Anda ingin wingko babat berwarna kecokelatan, cukup tambahkan waktu memasak beberapa menit lagi.

Setelah wingko babat matang, angkat dari cetakan dan biarkan dingin sejenak. Wingko babat siap disajikan dan dinikmati. Anda dapat menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tetap lezat dan tahan lebih lama.

Wingko babat menggunakan cetakan ini memiliki keunikan tersendiri. Dengan menggunakan cetakan, Anda dapat dengan mudah membuat wingko babat dengan bentuk yang cantik dan rapi. Selain itu, cetakan juga mempermudah Anda dalam mengatur ukuran dan ketebalan wingko babat yang diinginkan.

Tak hanya itu, wingko babat juga memiliki sejarah yang menarik. Kue tradisional ini berasal dari Jawa Tengah dan sudah ada sejak zaman dahulu. Di masa lalu, wingko babat menjadi camilan yang populer di kalangan masyarakat Jawa. Hingga kini, wingko babat masih tetap digemari oleh banyak orang.

Kombinasi antara kelapa parut yang lezat dan gula kelapa yang manis membuat wingko babat menjadi camilan yang menggugah selera. Kue ini biasanya disajikan dalam keadaan hangat, sehingga teksturnya lebih kenyal dan aromanya terasa lebih harum. Tak heran jika wingko babat sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari kota-kota di Jawa.

Kesimpulan

Itulah resep wingko babat menggunakan cetakan yang bisa Anda coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat wingko babat yang lezat dan lembut. Jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen dengan bahan-bahan lain, seperti menambahkan kacang atau cokelat ke dalam adonan. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan wingko babat yang Anda buat sendiri!